Selasa, 03 Mei 2016

Panduann merawat kenari mabung yang baik

Pada dasarnya semua hewan unggas baik ayam bebek maupun burung akan mengalami fase perontokan bulu yang sering disebut dengan mabung/molting. Mabung dapat diartikan sebagai proses bergantinya bulu lama menjadi bulu yang baru. Dimana pada burung kenari akan mengalami masa mabung alami pertama kali ketika masuk umur 3-4 bulan dari bulu anakan/piyik berganti ke bulu dewasa, stelah itu pada umur krg lebih 1 tahun kenari akan mabung lagi dan yang ketiga sekitar umur kurang lebih 2 tahun.

kenari mabung


Selain dari fase alami seperti penjelasan diatas, ada banyak penyebab yang dapat membuat burubg kenari mabung tidak pada waktunya. Diantaranya, karena salah saat mengambil burung kenari dari sangkar, kurangnya asupan nutrisi, burung berkelahi dengan burung lain, dan lain sebagainya.

Selain itu perawatan yang baik juga harus kita lakukan agar burung kenari tidak tercabu bulunya, bila bulunya tercabut maka kenari tersebut akan mengalami mabung tidak pada waktunya. Jika burung kenari mabung maka proses pemasteran, penjodohan, maupun yang lainya akan terhentai. Maka dari itu berikut sedikit penjelasan singkat cara yang baik merawat burung kenari mabung/molting:

Cara merawat kenari mabung dengan benar


1. Pemberian pakan/makanan pada kenari

Pemberian pakan yang baik akan menunjang proses pertumbuhan baik bulu maupun pertumbuhan badan kenari. Jadi pakan sangat memegang peranan penting dalam proses pergantian bulu. Pakan yang baik saat kenari mabung diantaranya sebagai berikut:

- extra fooding

Extra fooding/eksfood adalah pakan tambhan, umumnya kenari merupakan burung pemakan bijian. Namun tidak hanya bijian saja yang hanya diberikan, ektra foodeing juga sangat diperlukan untuk kenari. Bahkan burung kenari maupuun burung jenis lainnya memerlukan pakan tambahan di luar pakan utamanya. Pakan tambahan/ekstra fooding yang bisa diberikan kepada kenari muda antara lain telur rebus, telur semut rangrang/kroto.

Secara umum, burung kenari biasa diberikan telur puyuh rebus sebagai pakan tambahannya. Selain itu. telur puyuh rebus juga dipercaya bisa meningkatkan birahi kenari dengan cepat. Karena itu, beberapa penggemar memberikan telur puyuh rebus secara berkala (tidak terlalu sering), untuk mencegah kenari over birahi. Ini berlaku untuk kenari dewasa.

Pemberian pakan tambahan ini juga harus diperhatikan, umumnya pada saat kenari mabung berikanlah telur puyuh rebus 1 butir setiap 2-3 hari sekali. Pemberian telur puyuh rebus jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan kenari gemuk atau over birahi.

-  Asupan kalsium dan fosfor

Burung muda, jenis apapun, sangat membutuhkan mineral, khususnya kalsium (Ca) dan fosfor (P), karena dua mineral inilah yang berperan penting dalam proses penulangan, serta pertumbuhan paruh, kuku, dan bulu. Sumber mineral antara lain bisa diperoleh melalui tulang sotong yang dapat digantang di dalam sangkar. Boleh juga tulang sotong digerus dulu, lalu dicampurkan  bersama pakan bijian dalam wadah.

- Pemberian vitamin


Selain kebutuhan kalsium dan protein, kenari juga membutuhkan vitamin. Vitamin bisa kita dapatkan melalui buah dan sayur. Sayuran yang diberikan untuk kenari sebaiknya memiliki vitamin yang cukup seperti vitamin a. c, dan d, serta mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Umumnya baik sayur maupun buah yang sering diberikan pada burung kenari ketika mabung adalah sawi, pare, mentimun, apel dan buah peer.

2. Perawatan burung kenari ketika mabung

- Lakukanlah penjemuran

Burung kenari ketika mabung, juga membutuhkan cahaya matahari untuk mendukung pertumbuhan bulu, menguatkan tulang, serta bermanfaat dalam penyebaran minyak yang melapisi bulu-bulunya sehingga tampak kuat, berkilau dan antiair.Cahaya matahari mengandung banyak provitamin D, yang dibutuhkan burung muda. Hanya saja, penjemuran harus memperhitungkan waktu yang tepat, Waktu yang tepat untuk menjemur burung dimulai pada pagi hari hingga pukul 09.30.

Hindari penjemuran burung melewati pukul 10.00, karena intensitas cahaya matahari sudah cukup terik dan bisa membuat burung mengalami dehidrasi maupun iritasi pada matanya.

- Lakukanlah pemandian
Selain penjemuran burung kenari juga perlu dimandikan, meskipun burung tersebut sedang berganti bulu/mabung pemandian juga harus dilakukan jika cuaca mendukung. Mandikanlah burung kenari setiap hari sembari dijemur, agar burung tersebut terbebas dari kutu burung maupun bibit penyakit lainya.

Setelah burung kenari kita mandikan dan dijemur lalu angin-anginkanlah supaya bisa bersantai, ketika malam hari menjelang tidur, krodonglah sangkar burung kenari mabung tersebut supaya suhu udara didalam sangkar tetap terjaga.

Itulah sedikit panduan dasar merawat burung kenari sewaktu mabung, perawatan kenari ketika mabung harus kita lakukan dengan hati2, agar proses mabungnya segera tuntas dan burung bisa kembali beraktifitas seperti biasa.

Artikel diatas referensi dari: campusternak.blogspot.com/2016/01/cara-merawat-kenari-mabung-dengan-benar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar