Sabtu, 14 Mei 2016

Cara pembuatan fermentasi pakan kambing

Beternak kambing sampai saat ini masih menjadi pilihan primadona oleh para petani, baik untuk sampingan maupun untuk penghasilan utama. Berbicara masalah beternak kambing pasti yang dipikirkan oleh para peternaknya adalah pakan, karena pakan menjadi ujung tombak untuk kesuksesanya. Dan karena pula pakan adalah bagian terpenting didalam beternak kambing, ada kambing pasti harus ada pakan untuk kelangsungan hidupnya.


gambar by satujam.com



Berbicara masalah pakan untuk kambing yang ada dibenak para peternak adalah pakan hijauan, ya karena pakan hijauam adalah salah satu pakan utama untuk hewan ruminansia. Hampir 90% hewan ruminansia pakan yang dibutuhkan adalah hijauan, apa yang anda bayangkan jika tidak ada hijauan? Pasti kambing yang kita pelihara akan kelaparan atau ahkan hanya sakit sakitan.

Pakan hijaun bisa kita dapatkan secara bebas dialam liar tanpa harus membelinya dan apalagi disaat musim hujan, pasti hijauan sangat berlimpah. Namun apakah masih akan berlimpah pakan hijauan disaat musim kemarau?? Jawabanya adalah tidak, rata-rata dibeberapa wilayah jika musim kemarau tiba pakan hijauan akan sangat sulit dicari. Jika pakan hijauan sulit untuk dicari apa yang harus kita lakukan??

Jawabanya adalah membuat fermentasi pakan kambing.

Fermentasi pakan adalah proses dimana memanfaatkan pakan disekitar kandang kambing agar bisa dijadikan pakan yang bermutu tahan lama dan dapat merangsang nafsu makan kambing peliharaan kita. Untuk itu pembuatan pakan fermentasi sangat dianjurkan bagi para peternak kambing, sapi, maupun kelinci supaya disaat musim kemarau tiba kita masih mempunyai cadangan pakan yang bermutu.

Untuk bahan pembuatan pakan kambing fermentasi dapat kita peroleh dari bahan hijauan apapun, asalkan bahan pakan tersebut tidak beracun, tidak berbahaya dan tidak merugikan ternak maka bahan pakan tersebut boleh digunakan. Dengan membuat pakan kambing fermentasi maka banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, manfaat tersebut antara lain:


 - Untuk meringankan tenaga dalam mencari rumput
 - Sebagai cadangan pakan jika sewaktu-waktu tidak bisa mencari rumput
 - Sebagai pakan simpanan "karena pakan fermentasi sendiri mampu bertahan sampai berbulan-bulan tanpa mengurangi nutrisinya"
 - Pakan hasil fermentasi akan lebih mudah dicerna sehingga penyerapan nutrisi bisa optimal
 - Daging ternak tidak banyak mengandung lemak karena komposisi pakan sudah ideal
 - Limbah kotoran ternak tidak bau seperti kalau diberi pakan biasa. Dengan demikian lingkungan akan tetap sehat.   - Menghilangkan kebiasaan mencari rumput atau ngarit dan angon.

Itulah beberapa manfaat dari hasil fermentasi pakan kambing yang bisa kita andalkan, lalu bagaimanakah cara membuat pakan kambing fermentasi itu??

Proses atau cara pembuatan pakan kambing fermentasi




- Pertama-tama siapkan bahan untuk difermentasi bisa jerami, gedebog pisang, alang-alang {disini saya akan mengambil contoh menggunakan gedebog pisang} dan lain sebagainya dan siapkan juga tetes tebu, cairan fermentasi {em4,SBP,SOC}, garam, dedak padi dan sedikit air.
- Langkah kedua siapkan alat-alatnya, bisa terpal, drum, palstik dan lain sebagainya
- Campurkan tetes tebu dengan cairan fermentasi, dan sedikit air.
- Langkah ketiga taruhlah gedebog pisang diatas terpal sambil disiram2 dengan campuran cairan tersebut sampai merata
- Langkah keempat jika anda menggunakan drum, masukkan gedebog pisang tersebut sedikit demi sedikit sambil ditabur-taburi bekatul dan garam.
- Langkah kelima injak-injak gedebog pisang tersebut supaya rapat/madet,
- Kemudian masukkan lagi gedebog pisang sedikit demi sedikit sambil ditaburi bekatul dan garam, dan injak-injak lagi sampai padat
- Begitu seterusnya sampai wadah tersebut penuh, jika wadah sudah penuh maka segera tutup rapat-rapat hinggan benar-benar tidak ada udara.
- 4 - 6 hari berselang maka pakan fermentasi tersebut dapat diberikan untuk ternak kambing anda.

Didalam pembuatan fermentasi pakan kambing bahan yang harus kita gunakan tidak harus jerami atau geebog pisang, bahan pakan lain asal tidak beracun dan merugikan maka boleh juga digunakan. Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat ppakan kambing fermentasi yang dapat anda praktekkan. Cukup sekian dan semoga bermanfaat..

Sumber:  http://campusternak.blogspot.com/2016/02/fermentasi-pakan-kambing-supaya-cepat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar