Sabtu, 14 Mei 2016

Berapakah kebutuhan pakan kambing per harinya??

Kebutuhan pakan kambing dalam sehari | Kambing adalah hewan herbivora/pemakan hijauan yang membutuhkan asupan nutrisi dalam setiap harinya supaya perkembangan tubuhnya bisa berjalan sebagaimana mestinya. Apabila kambing dalam sehari tidak tidak mendapatkan asupan nutrisi/gizi yang diperlukan apakah yang akan terjadi?? Apa akan kurus, apa akan sakit, atau apa kita akan rugi sebagai peternaknya??

Mungkin ketiga akibat akibat jika kambing tidak mendapatkan asupan gizi disetiap harinya adalah benar, karena kambing sangat membutuhkan protein, karbohidrat, vitamin dan lain sebaginya untu menjalankan organ-organ tubuh sebagaimana fungsinya. Jadi dapat dipastikan jika kekurangan kebutuhan pakan pada setiap harinya maka kambing tersebut akan mudah sakit, menjadi kurus dan yang pasti akan membuat peternaknya rugi.

Artikel terkait: Cara ternak kambing unuk pemula

 

Berapakah kebutuhan pakan kambing dalam sehari itu?



Kebutuhan pakan kambing dalam sehari adalah 10% dari berat badanya, dan pakan tambahan/kosentrat 1 - 2% dari berat badanya pula. Maka dari itu dalm sehari kita harus mencukupi kebutuhan pakan kambing tersebut agar kambing menjadi gemuk.

Lantas bagai mana cara mengukurnya ?

Cara untuk mengetahui kebutuhan pakanya kita bisa menimbang kambing tersebut, dengan begitu kita kan mengetahui berapa bobot kambing yang kita pelihara supaya pas/tidak kurang dalam memberikan kebutuhan pakan dalam seharinya.

Jika kita tidak mempunyai timbangan untuk menimbang kambing, bagaimana caranya agar tahu kebutuhan pakan kambing tersebut, karena setiap kambing bobotnya berbeda-beda.??
Cara pastinya agak sulit untuk memastikan bobot kambing tersebut, namun cara lain yang dapat kita lakukan adalah memberikan pakan pada kambing tersebut secara teratur. Jika kambing tersebut kekurangan pakan/masih lapar maka kambing akan selalu berbunyi/bersuara. Jika kambing tersebut terus bersuara dapat dipastikan kambing tersebut kelaparan, jika kambing tersebut kelaparan pasti kebutuhan pakanya masih kurang, maka yang harus kita lakukan adalah memberinya pakan lagi, jika kambing sudah merasa cukup pasti kambing tersebut akan berdiam dan duduk sambil memamah biak/nggayemi.

Itulah sedikit informasi sederhana mengenai berapa kebutuhan pakan kambing dalam sehari.
Baca juga: cara beternak kambing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar