Senin, 16 Mei 2016

Bahan-bahan untuk membuat pakan kambing fermentasi

Kambing merupakan hewan ruminansia yang memerlukan hjauan untuk makanan mereka sehari-hari, pakan hijauan merupakan pakan utama untuk hewan ruminansia termasuk kambing. Dalam sehari kambing hampir 90% pakan yang dibutuhkan adalah hijaun, sisanya adalah pakan tambahan berupa bekatul dan lain sebagainya.

Pakan hijauan sendiri banyak yang disukai oleh kambing, namun setiap pakan hijauan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah kandungan nutrisi pakan hijauan untuk ternak kambing.



Keterangan:

BK= Berat Kering
PK= Protein Kasar
SK=Serat Kasar
LK=Lemak Kasar
TDN=total digestible nutrients(Kecernaan nutrisi bahan total)

Lalu bahan apakah yang baik untuk pembuatan pakan sapi fermentasi?? Jawabanya adalah pakan yang baik untuk membuat pakan kambing fermentasi adalah bahan pakan yang ketersdianya cukup yang dapat kita dapatkan disekitar kandang ternak/tidak terlalu jauh keberadaanya. Entah bahan pakan apa yang ada disekitar kita maka boleh dijadikan untuk bahan pembuatan fermentasi pakan kambing, dengan catatan "bahan pakan/hijauan tersebut tidak beracun, tidak berbahaya, ataupun tidak merugikan kambing jika dimakan".

Kenapa kita tidak memakai bahan pakan jerami?? Jika bahan pakan jerami keberadaanya dekat dengan kandang/tidak jauh keberadaanya boleh saja memakai jerami, namun jika keberadaan jerami sangat-sangat jauh dari area kandang sebaiknya anda pikir-pikir dahulu untuk menggunakannya, kenapa? karena tempat yang sangat jauh tersebut pasti akan memerlukan banyak biaya transportasi untuk mengambilnya. Jadi daripada kita ingin memakai jerami yang keberdaanya sangat jauh, lebih baik menggunakan daun jati yang keberadaan dekat dengan kita. Jadi kesimpulanya adalah bahwa bahan pakan yang baik untuk membuat fermentasi pakan kambing adalah bahan pakan yang mudah kita cari disekitar area kandang dan tidak beracun apabila dimakan oleh kambing.

Lalu bahan pakan apakah yang sering dipakai oleh peternak?

Bahan pakan yang sering digunakan oleh peternak antara lain

1. Jerami
2. Klaras daun pisang
3. Gedebog pisang
4. Alang-alang
5. Daun jati
6. Daun ubi
7. Daun kelapa
8. Tebon jagung
9. Daun bambu
10. Kolonjono

Bahan campuran yang sering dipakai untuk pembuatan pakan kambing fermentasi

1. Ampas tahu
2. Dedak padi/bekatul
3. Ampas ketela yang sudah diambil patinya
4. Ampas kedelai
5. Breen
6. Tetes tebu
7. Ampas kecap
8. Ampas gula jawa
9. Sedikit air
10. Garam

Cairan fermentasi yang sering dipakai untuk membuat pakan kambing fermentasi

1. Em4
2. SBP {saus burger pakan}
3. SOC


Itulah sedikit informasi mengenai bahan-bahan untuk pembuatan pakan kambing fermentasi.
Baca juga: panduan sebelum beternak kambing yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar